Batamerahtop.com – Tips Menghitung Penggunaan Batu Bata Merah

Pabrik Bata Merah Press menyediakan batu bata merah yang lebih senada dalam ukuran dan juga jaminan kualitas yang lebih baik dari segi fisik daripada batu bata merah yang dibuat secara manual. Kerapian dari batu bata merah memang sangat penting karena dapat mempengaruhi kerapian dinding anda dan penggunaan plester dinding anda nantinya.

Ketika anda akan membangun sebuah rumah, penghitungan anggaran adalah salah satu hal yang penting. Oleh karena itu kerapian fisik dari sebuah batu bata merah juga sangat penting. Makin rapi batu bata, makin kecil jumlah plester yang dibutuhkan nantinya. Hal ini berkaitan dengan jumlah anggaran yang harus disiapkan ketika akan membuat sebuah dinding yang rapi dengan biaya yang efektif.

Ketika anda akan membangun sebuah rumah, tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu berapa jumlah kamar yang akan anda miliki dalam rumah anda. Jumlah kamar ini menentukan berapa jumlah kebutuhan batu bata merah yang anda butuhkan. Setelah menentukan jumlah sekat, maka lihatlah fungsi dari ruangan tersebut. Sebuah kamar dengan fungsi tertentu biasanya membutuhkan bahan pembuatan yang spesifik misalnya sebuah studio musik maka bahan yang digunakan juga berbeda. Setelah anda menentukan jenis dan ukuran ruangan maka anda harus menghitung kebutuhan bahan bangunan, dalam kasus ini kita akan membahas penghitungan batu bata merah. Berikut ini adalah cara penghitungan kebutuhan batu bata merah yang bisa anda ikuti.

Penghitungan kebutuhan batu bata merah

Sebelum menghitung jumlah kebutuhan batu bata merah yang anda butuhkan. Pertama kali anda perlu mengenali ukuran dari batu bata merah yang sesungguhnya. Batu bata merah memiliki ukuran fisik sebesar 20x10x5 cm. Batu bata tersebut akan di pasang secara horizontal dimana lebar batu bata merah yang sebesar 10 cm ini akan digunakan sebagai tebal dinding.

Jika kita akan membuat sebuah sekat ruangan dengan ukuran 3x3x3 m maka kira membutuhkan 3 sisi sekat selain dinding utama rumah yang memiliki ukuran 3 x 3 meter untuk panjang dan juga tingginya. Jadi sebuah ruangan yang dibangun tersebut akan membutuhkan batu bata merah sebanyak 3 sekat x (3 x 3) meter. Artinya anda akan membuat dinding sekat seluas 27 m2.

Teori utamanya adalah ketika anda akan membuat dinding sebesar 1m2 anda akan membutuhkan batu bata merah sekitar 70 pieces jika batu bata tersebut memiliki ukuran yang seragam. Jadi ketika anda membutuhkan 27m2, anda akan membutuhkan sekitar 27 x 70 pieces batu bata merah atau 1890 buah batu bata merah.

Jika anda ingin membuat sebuah rumah dengan kesan minimalis atau akan membuat dinding dengan bentuk tertentu, seperti bentuk geometri lingkaran atau segitiga, anda bisa menghitung penggunaan batu bata dengan penghitungan luas dari bangunan tersebut.

Pemilihan batu bata merah

Jika anda ingin menghitung secara presisi, pastikan bahwa anda memilih batu bata merah yang dibuat oleh pabrikan dengan menggunakan mesin press ketika membuatnya. Batu bata merah yang dibuat oleh mesin atau pabrikan biasanya memiliki bentuk yang lebih rapi sehingga lebih mudah dalam pemasangannya dan juga penghitungannya lebih tepat. Selain itu, hasil dari tembok yang dibuat juga lebih rapi dan lebih kuat.

Jika anda akan membeli batu bata merah di pabrik, pastikan bahwa anda hanya membeli batu bata merah yang berkualitas sehingga bukan hanya kualitas fisik dari batu bata merah saja yang terjaga tapi juga kualitas berupa kekuatan dan juga kekeringan dari batu bata merah terjamin. Jika anda bisa mendapatkan batu bata yang berkualitas, jangan lupa untuk melakukan perendaman terlebih dahulu untuk mengecek kadar air dari batu bata. Jika batu bata anda memiliki daya serap yang tinggi maka anda perlu merendam batu bata anda seluruhnya sebelum melakukan pemasangan. Hal ini digunakan sebagai upaya untuk mencegah penyerapan air dari campuran semen dan pasir bangunan yang bisa menyebabkan retak retak pada pekerjaan bangunan anda. Pastikan anda hanya membeli batu bata merah di Pabrik Bata Merah Press yang berkualitas sehingga anda bisa mendapatkan kualitas batu bata merah yang lebih terjamin.