Batamerahtop.com ~ Jenis-Jenis Batu Bata di Indonesia

Agen Batu Bata Merah adalah jenis agen batu bata yang banyak dicari. Mengapa ? Salah satu halnya karena batu bata merah masih sangat dicari sebagai bahan baku pembangunan rumah di Indoensia. Harganya yang masih sangat murah menyebabkan batu bata merah masih menjadi pilihan nomor 1 di Indonesia sebagai bahan pembangunan dinding rumah. Tapi sebetulnya selain batu bata merah, ada juga jenis batu bata yang lain yang bisa digunakan dalam pembangunan rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis batu bata yang bisa dimanfaatkan dalam pembangunan rumah.

Ada 3 jenis batu bata yang ada di Indonesia, antara lain adalah batu bata merah, batu bata ringan yang disebut juga dengan batu bata hebel dan juga batu bata batako. Pemilihan dari batu bata ini tentunya disesuaikan dengan jenis bangunan yang akan dibuat. Berikut ini adalah ulasan mengenai batu bata yang ada di Indonesia dan sedikit mengenai penggunaannya.

Batu bata merah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, batu bata merah adalah jenis batu bata yang paling sering digunakan di Indonesia. Meski sudah digunakan sejak zaman dahulu, penggunaan dari batu bata merah ini tidak berkurang hingga sekarang. Batu bata merah pada saat ini malah tidak hanya digunakan sebagai bahan bangunan atau kata lainnya berada di balik layar sebuah bangunan saja. Teknologi pembuatan dari batu bata merah yang menggunakan mesin press membuat tampilan batu bata merah ini menjadi lebih indah, rapi dan juga rata sehingga kini batu bata merah sering juga dimanfaatkan sebagai dekorasi. Batu bata yang dahulu hanya digunakan di dalam dinding, saat ini juga digunakan untuk bagian luar dinding atau dibuat tanpa di plester. Penggunaan batu bata merah sebagai dekorasi saat ini bahkan mendapatkan banyak perhatian dan juga menjadi tren di rumah-rumah modern. Selain penggunaanya yang saat ini sangat luas, harganya yang murah membuat batu bata merah menjadi pilihan utama dalam pembuatan dinding rumah di Indoensia.

Batu bata ringan atau batu bata hebel

Satu lagi jenis batu bata yang banyak digunakan di Indonesia yaitu batu bata hebel. Batu bata hebel atau batu bata ringan ini mulai menjamur penggunaannya karena di Indonesia sendiri saat ini memiliki kemajuan teknologi dan juga industri yang pesat. Banyaknya pembangunan gedung-gedung yang tinggi dan menjulang menyebabkan teknologi pembuatan bahan dasar pembangun harus di minimalisir beratnya. Dari pemikiran ini mucullah sebuah batu bata hebel yang memiliki masa lebih ringan daripada batu bata merah dan juga batako. Meski lebih ringan, batu bata hebel ini tidak kalah dari batu bata merah dalam urusan kekuatan dan juga daya serap airnya yang rendah. Batu bata juga memiliki daya serap yang rendah sehingga sangat baik jika digunakan dalam sebuah bangunan. Bentuk fisik dari batu bata hebel ini sangat halus, rapi dan berwarna silver. Dengan keistimewaannya, harga yang dimiliki oleh batu bata ringan ini tentunya lebih tinggi daripada batu bata merah dan juga batako.

Batako

Satu lagi batu bata yang anti air yaitu batako, batu bata yang satu ini memiliki kelebihan berupa ukurannya yang besar dan berongga sehingga lebih cepat dalam pemasangannya. Batako dibuat dari bahan semen dan juga pasir kasar tapi memiliki kekuatan yang tidak kalah. Penggunaan batako ini sangat cocok digunakan untuk dinding bagian luar rumah karena sifat kedap airnya yang kuat.

Sifat batako yang kedap air ini memang cocok untuk menjaga pertahanan luar rumah tapi sifatnya tersebut juga membuatnya menjadi salah satu bahan yang kurang cocok jika digunakan sebagai tembok rumah di daerah tropis seperti di Indonesia. Mengapa? Hal ini disebabkan karena bahan dari batako memiliki sifat menyimpan panas sehingga akan menyebabkan kondisi rumah menjadi panas dan juga pengap.

Berikut merupakan informasi yang bisa disajikan. Untuk mendapatkan batu bata merah dan kawan-kawannya ini anda bisa membelinya di Agen Batu Bata Merah yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda. Semoga bermanfaat!